LP Ma’arif NU Siap Semarakkan Hari Santri Nasional 2019

Kedungwuni. Menindak lanjuti Instruksi dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pekalongan, melalui surat edaran PCNU Nomor 159/ PC/ A.II/ 11/ 21/ X/ 2019 tentang Hari Santri Nasional, Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Pekalongan akan menindaklanjutinya dengan menyiapkan beberapa kegiatan. Diantaranya adalah turut menyemarakkan Kirab Hari Santri. Ketua LP Maarif telah akan mengerahkan peserta didik tingkat MTS, SMP, MA, SMK dan SMA untuk menyemarakkan pawai/ kirab hari santri besok hari Jumat 18 Oktober jam 13.00_16.30, yang startnya dari lapangan Capgawen dan finish Gedung PCNU di Bebekan Kedungwuni. Khusus peserta didik dari tingkat SD/MI, LP Maaruf akan mengerahkan dari kecamatan Buaran, Kedungwuni, Karangdadap, Wonopringgo dan Karanganyar. Bagi satuan pendidikan yang memiliki drum band dapat mendaftarkan diri dan turut ditampilkan pada kegiatan tersebut.

Ketua Maarif juga menambahkan bahwa pihaknya juga telah menginstruksikan kepada seluruh SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK untuk Mengibarkan bendera merah putih, bendera NU dan spanduk Selamat Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 di kompleks satuan pendidikan masing2, mulai tgl 19-22 oktober 2019. Untuk mengenang jasa para pendiri NU dan pendiri Negara Republik Indonesia, LP Maarif juga mengintruksikan kepada seluruh satuan pendidikan di lingkungan NU untuk menyelenggarakan istighosah,  dengan pembacaan sholawat nariyah, tahlil dan kalimah thayyibah pada senin, 21 oktober 2019 dengan melibatkan pengurus, guru, tenaga kependidikan dan peserta didik pada satuan pendidikan masing. Syukur-syukur, apabila mendatangkan para Kyai dan tokoh NU yang ada di lingkungan Satuan Pendidikan. hal ini penting, karena merupakan bagian dari proses mengenang perjuangan para masyayikh sekaligus memperkokoh jati diri pelajar Nahdlatul Ulama.

Sebagai puncaknya, LP Maarif juga menginstruksikan kepada pengelola MTS, SMP, MA, SMA, SMK se kabupaten Pekalongan untuk mengerahkan peserta didiknya dalam rangka mengikuti Apel Hari Santri di lapangan Manggala Krida Kedungwuni pada hari Selasa, 22 Oktober 2019 jam 08.00 wib sd selesai. Direncanakan, apel akan dipimpin langsung oleh Bupati Pekalongan dan Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pekalongan. Dijadwalkan, turut hadir pada Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi  keagamaan dan berbagai lapisan masysrakat, termasuk  apparat sipil negera (ASN).  Saat ditanya tentang tidak dilibatkannya peserta didik SD daan MI, Muhlisin menegaskan bahwa peserta didik SD dan MI diharapkan mengikuti apel hari santri nasional di satuan pendidikan. Mengingat factor usia dan cuaca, agar anak-anak lebih tenang melaksanakan apel di madrasah atau sekolah masing-masing. Di akhir perbincangan, Ketua juga menambahkan bahwa LP Maarif akan memasang spanduk ucapan selamat hari santri yang ditempatkan di 5 ( lima) titik, yaitu Kedungwuni, Karanganyar, Kajen, Wiradesa dan Buaran.