Para Operator MI antusias mengikuti Workshop Data based Ma’arif NU

Kedungwuni, Operator IT Madrasah Ibtidaiyah di jajaran Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Pekalongan sangat antusias mengikuti Kegiatan Workshop Pengelolaan Data Mararif NU pada hari Rabu 25 September 2019. Workshop yang diselenggarakan  di Lantai 3 gedung PCNU Kabupaten Pekalongan tersebut dibuka oleh Ketua Pengurus Cabang, DR. H. Muhlisin. Ketua Maarif, saat pembukaan berharap semua operator IT pada satuan penddidikan Ma’arif dapat mengoptimalkan fungsinya sebagai penyaji dan pengolah data dapat berperan aktif mendukung program Manajemen Kelembagaan Maa’arif. “Kita semua berharap para operator IT dapat semakin baik kinerjanya dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap LP. Ma’arif dapat dikembangkan lebih baik, pada workshop singkat ini saya harap para operator dapat mandiri mengumpulkan dan mengolah data satuan pendidikan untuk segera diupload   pada Portal Data M’arif sehingga dapat terkoleksi dengan baik, agar nantinya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh manajemen Ma’arif. Kita ingin menjadi yang terdepan dalam hal pembaharuan dan penyatuan data dalam penguatan manajemen kelembagaan”. Ujar Ketua.
Selanjutnya Ketua Maarif juga menambahkan tentang pentingnya Database Ma’arif, yang memiliki fungsi minimal 6 hal. Pertama, data berfungsi untuk Mengelompokkan data dan informasi sehingga lebih mudah dimengerti. Kedua, Mencegah terjadinya duplikat data maupun inkonsistensi data. Ketiga, Mempermudah proses penyimpanan, akses, pembaharuan dan Ma’arif. Keempat, Menjaga kualitas data dan informasi Ma’arif yang diakses sesuai dengan yang di-input. Kelima, Membantu proses penyimpanan data Ma’arif yang cukup besar dan keenam, Membantu meningkatkan kinerja Maarif yang membutuhkan penyimpanan data lebih valid lagi. Harapannya, seluruh data tersebut dijadikan sebagai variable untuk menganalisis kinerja Ma’arif dengan pendekatan analisis SWOT.
Bertindak sebagai fasilitator Workshop, Zamzami, operator Ma’arif tingkat Kabupaten Pekalongan. Turut hadir dan memberikan sambutan, Wakil Ketua Ma’aarif bidang Madrasah Ibtidaiyah, Abdullah Sirdan. eksian kesalahan, perbaikan kesalahan dan menempatkan penanganan kesalahan dalam perspektif. Selaku narasumber, Zamzami menekankan bebrapa hal yang harus diperhatikan oleh Operator. Pertama, pencegahan kesalahan. Kedua, Pendeteksian kesalahan. Ketiga, Perbaikan kesalahan. Penggunaan teknik pengurangan kesalahan memaksimumkan peluang data input yang akurat. Namun harus disadari bahwa bagaimanapun cermatnya operator, kesalahan masih mungkin terjadi. Karena itu daripada berusaha menghilangkan seluruh kesalahan, Anda harus berkonsentrasi menghilangkan kesalahan yang jika tidak diperbaiki, mungkin memiliki efek merusak pada organisasi Anda, dan kemudian berusaha mengurangi kesalahan lain pada tingkat minimum yang masih dapat diterima.
Seluruh operator dari Madrasah Intidaiyah hadir dalam kegiatan ini, secara mandiri membawa peralatan seperti laptop, kabel data, modem internet dan berbagai keperluan yang dibutuhkan selama input data ma’arif. Para peserta merespon baik kegiatan ini dengan bertanya tentang bagaimana cara megupload data yang efektif, serta ada pula yang curhat/berkeluh kesah tentang probelmatika pengisian data Ma’arif.