2 Orang Pengurus menjadi Master Trainer LP Maarif NU Jawa Tengah

Semarang – Dalam rangka meningkatkan mutu guru madrasah/sekolah di Jawa Tengah, Lembaga Pendidikan Ma`arif PWNU Jawa Tengah menggelar Training of Trainer (ToT) Master Trainer untuk mendukung implementasi Program Pengembangan Keprofessian Berkelanutan (PPKB) Guru. (6/9/19/) dilaksanakan di Hotel Muria Semarang. PPKB Guru adalah pengembangan kompetensi bagi guru yang dilaksanakan sesuai dengan Kebutuhan, Bertahap, dan Berkelanjutan. Adapun komponen dari PKB adalah pengembangan diri, publikasi Ilmiah dan karya inovatif.
Adapun peserta kegiatan ToT Mater ini meliputi unsur Pengurus LP Ma`arif Wilayah dan Cabang, Tim Pengembang LP Ma`arif Wilayah, Kepala Madrasah/Sekolah, Pegawas Sekolah/Madrasah, dan Dosen. Dari kabupaten Pekalongan, 2 orang pengurus PC. LP. Maarif NU Kabupaten Pekalongan yang masuk menjadi peserta dan tim master Trainer, yaitu DR. H. Muhlisin, M.Ag selaku ketua LP Ma’rif Kabupaten Pekalongan yang juga masuk dalam tim pengembang LP Ma’arif Jawa Tengah. Beliau juga menjabat sebagai Dosen IAIN Pekalongan. Selain Ketua, salah satu pengurus yang menjadi tim Master Trainer adalah Ibu Hj. Mufasiroh, MSI, Pengurus di bidang Sistem Penjaminan Mutu. Dalam kedinasan, beliau adalah Pengawas Pendidikan agama Islam Pada Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari tersebut, diakhiri dengan baiat Master Trainer PKB yang dipimpin secara langsung oleh Rais Syuriyah PW Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, KH. Ubaidullah Shodaqoh, disaksikan oleh Sekertaris PWNU, H. Hudalloh Ridwan, Lc. dan Ketua LP Maarif NU Jawa Tengah, R. Andi Irawan, M.Ag.
“Bagi Guru, PKB adalah sebuah keniscayaan. PKB Guru adalah pengembangan kompetensi bagi guru yang dilaksanakan sesuai dengan Kebutuhan, Bertahap, dan Berkelanjutan. Adapun komponen dari PKB adalah pengembangan diri, publikasi Ilmiah dan karya inovatif. Dasar pelaksanaan PKB Guru adalah Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 38 Tahun 2018 tentang PKB Guru. Agar PKB para Guru dapat terwujud secara berkelanjutan, diperlukan adanya pendamping2 yang mampu memberikan motivasi pada para guru yang telah tersertifikasi. Harapannya, guru yang tersertifikasi mampu mempertanggungjawabkan kinerjanya di hadapan public, melalui peningkatan mutu satuan pendidikan.” Tutur ketua LP. Ma’arif NU Kabupaten Pekalongan.
TOT Maser Trainer yang diselenggarakan oleh PW LP Ma’arif NU merupakan bentuk tanggungjawab LP Maarif NU dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya satuan pendidikan swasta, yang mayoritasnya dikelola oleh jamiyyah dan jama’ah NU. Master Trainer PKB merupakan perpanjangan tangan dari LP Ma’arif dalam peningkatan kompetensi guru di lignkungan satuan pendidikan Maarif NU. Mereka disiapkan sebagai pelatih / fasilitator tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Para Trainer diharapkan berkomitmen dan membangun kekompakan secara sinergis di semua tingkatan, demi pemenuhan kompetensi guru. Dari Pelatihan Master Trainer ini diharapkan dapat membangkitkan semangat juang dan jiwa kemandirian bagi guru secara berkelanjutan. (ibnu salym)